Loading...

HARI RAYA WAISAK

Halo Laskar Nyentrik!

Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang pada gilirannya juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai “Hari Buddha”. Pada Hari Raya Waisak, Umat Buddha memperingati tiga peristiwa penting, Pertama, lahirnya Sidharta Gautama, penemu sekaligus pencetus agama Buddha. Peristiwa kedua, tercapainya Sidharta Gautama pada tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha. Selanjutnya, peristiwa Buddha Gautama wafat.

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama pada bulan Mei.
“Ribuan lilin dapat dinyalakan dari satu lilin dan nyalanya tidak akan berkurang. Begitu pun kebahagiaan tidak akan pernah berkurang walau dibagi-bagi” – Siddhartha Gautama (Gautama Buddha)

Mari jadikan hari baik ini sebagai pengingat untuk saling membantu dan berbagi di masa pandemi ini.

Selamat Hari Raya Waisak 2565 BE!


Departemen Infokom
Kabinet Laskarika
BEM FIP UM 2021

Follow Linimasa kami :
IG : @bem_fipum
Twitter : @bemfip_um
Fb : Bem Fip UM
Line : @qz5410b
Web : bem.fip.um.ac.id

air-jordan-4-retro-cement-x-new-era-chicago-bulls-sneaker-hook-up-hat | Latest Releases , Ietp – Women’s Nike Air Jordan 1 trainers – nike lunarglide 2 boys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *