Loading...

Departemen RPK

RPK Merupakan departemen yang berfungsi sebagai analisis kondisi dan perumusan strategi peningkatan prestasi akademik mahasiswa.

Program Kerja

CENDIKIA MUDA

Pada era Revolusi Industri 4.0 persaingan dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa haruslah mengikuti perkembangan zaman (bersaing dengan negara-negara asing). Dimana pada saat ini, era Revolusi Industri 4.0 menuntut mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam berkomunikasi untuk menyampaikan ide atau gagasan yang dimiliki, pengembangan diri untuk memperbaiki kualitas keilmuan. Serta untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Banyak dari mahasiswa yang masih belum memiliki pengetahuan serta pemahaman secara luas mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa mem-branding dirinya untuk memiliki keterampilan-keterampilan tersebut. Sehingga Cendikia Muda mewadahi mahasiswa untuk berdiskusi, melatih, dan mengembangkan diri dengan prinsip 5W + 1H. Pada agenda Cendikia Muda ini terdapat pelatihan public speaking, kebanyakan mahasiswa FIP masih kurang percaya diri untuk berbicara di depan public. Sehingga dengan adanya agenda ini diharapkan mahasiswa dapat lancar dan percaya diri untuk berbicara di depan public. Selain itu, juga terdapat Tips dan Trik Lolos Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri, Penulisan Essai Beasiswa, Student Exchange atau pertukaran pelajar sebagai sarana untuk pengembangan keilmuan dan diskusi bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi dan juga aktif di organisasi.

RESEARCH CENTER

Mengkaji permasalahan yang ada di lingkungan FIP UM baik itu dari bidang akademik, fasilitas, dan lain sebagainya yang berada di FIP UM dalam bentuk melancarkan assesment yang ditujukan kepada mahasiswa FIP UM. Mengetahui serta mengkaji apa yang ada pada FIP UM dan mempublikasikannya kepada mahasiswa FIP UM. Menerapkan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni, Penelitian. Menerapkan keilmuan yang menjadi unsur penting identitas sebagai Mahasiswa khususnya mahasiswa FIP UM. Dalam agenda ini, diharapkan setelah data dihimpun dan diolah, BEM FIP UM dapat mengetahui pendapat, suara atau keluhan mahasiswa FIP UM, dan kondisi yang ada di lingkungan Mahasiswa FIP UM. Sehingga dari hasil yang didapat, BEM FIP UM dapat menindaklanjuti aspirasi mahasiswa FIP UM kepada yang berwenang.

INFOGRAFIP

Kegiatan ini memiliki latar belakang yakni kurang serta lambatnya informasi yang seharusnya perlu diketahui mahasiswa FIP UM, baik itu info lomba, beasiswa, dan info terkini tentang FIP. Selain itu, kurangnya rasa ingin tahu mahasiswa FIP terhadap informasi yang ada di FIP UM juga keinginan dari BEM FIP UM melalui Departemen RPK untuk menggerakkan literasi meskipun dalam bentuk grafis. Melalui kegiatan ini, Departemen RPK ingin memberikan informasi-informasi serta menggerakkan mini-literasi dalam bentuk infografis yang menarik, sehingga dapat dinikmati mahasiswa FIP UM.

FIP AWARD

FIP Award adalah ajang penghargaan dari BEM FIP UM untuk mahasiswa dan juga ormawa FIP yang telah berprestasi dan memenuhi kualifikasi. Ajang ini dilaksanakan bersamaan dengan puncak inagurasi BEM FIP UM yakni FIP Party. Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 4 nominasi penghargaan, antara lain:

  1. Mahasiswa Ter-Nyentrik
  2. Mahasiswa Baru Ter-Nyentrik
  3. Unit Aktivitas Ter-Nyentrik
  4. Agenda sesuai kebutuhan departemen dimasa mendatang

FORUM AKADEMIK ORMAWA

Forum Akademik (Penalaran) FIP adalah suatu forum yang berisikan ketua divisi/subdivisi/ biro atau yang mewakili dan juga perwakilan dari UA MP3. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antar penalaran FIP, forum diskusi mengenai isu-isu pendidikan(akademik), koordinasi PKM dan sarana penyampaian informasi terkait kemahasiswaan (Akademik, Lomba, Beasiswa dll).

Agenda

Agenda :

  • Forum Penalaran Akademik FIP, agenda ini terlaksana sebanyak 3 kali dengan agenda;
  • Pada pertemuan pertama (21 Februari 2019), membahas mengenai PIOSMABA bidang PKM dan sinkronisasi agenda serta proker dari setiap penalaran Himpunan tiap jurusan.
  • Pada pertemuan kedua, membahas mengenai PIOSMABA bidang PKM dan persiapannya.
  • Pada pertemuan ketiga (11 April 2019), membahas mengenai FIP JIP 2019 dan Evaluasi pelaksanaan PIOSMABA bidang PKM.
  • Research centre dilaksanakan sebanyak sekali dan disebarkan pada 500 responden yaitu mahasiswa FIP yang tersebar di 3 kampus dan 4 angkatan. Hasil dari agenda ini dipublikasikan melalui agenda Infografip di sosial media BEM FIP pada tanggal 16 Februari 2019.
  • Pendampingan PIOS MABA bidang PKM, agenda ini dilaksanakan dimulai dari pendataan mahasiswa yang mengikuti PKM tiap-tiap jurusan untuk diseleksi dan diserahkan kepada pihak Fakultas. Setelah diserahkan pada pihak Fakultas, proposal PKM yang lolos dibina dan dibimbing dalam pelatihan dan presentasi di tingkat Universitas.
  • Infografip terlaksana sebanyak 9 kali
adidas calabasas cream factory san jose menu – GZ3194 – adidas Ultra Boost 2021 White Multicolor | Sneaker in diesem Jahr? – Grailify – Nike SB Dunk Low “Mummy” – der vielleicht beste Halloween – nike lime green shoes women